Safari Ramadhan 2017: “Committed Muslim: Living a Socially Responsible Life”

Safari Ramadhan 2017.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Ramadhan Mubarak! Bulan Ramadhan telah hadir kembali di depan mata. Kehadiran bulan yang penuh hikmah yang dirindukan oleh ummat Muslim di seluruh dunia merupakan waktu yang paling baik untuk mendekatkan diri kembali kepada AllahSWT, memperbaiki pemahaman kita atas isi Al-Qur’anul Karim dan untuk berintrospeksi diri menyangkut kehidupan kita di dunia yang fana ini.

Sudahkah kita melaksanakan kewajiban kita kepada AllahSWT – sebagaimana yang dicantumkan di dalam Al-Qur’an? (Habluminallah)

Sudahkah kita menerapkan juga tanggungjawab kita terhadap sesama manusia – seperti yang dianjurkan di dalam Al-Qur’an? (Habluminannaas)

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, ICMI North America kembali melangsungkan program tahunan berupa Safari Ramadhan; dimana pada tahun pelaksanaan yang ke-12 ini, Safari Ramadhan 2017 seperti biasa akan berlangsung di kota-kota di East Coast maupun West Coast & juga Canada dengan mengusung tema: “Committed Muslim: Living a Socially Responsible Life” – mengajak kita semua, masyarakat Muslim di Amerika Serikat dan Canada, untuk bersilaturahmi dan bersama-sama mengupas pertanyaan-pertanyaan di atas, sekaligus memberikan pencerahan bagi hati dan qalbu kita semua dalam menerapkan isi Al-Qur’an untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang selaras.

Berikut adalah schedule Safari Ramadhan 2017:

  • EAST COAST & Canada:

May 25 – June 1: Houston, TX

June 2 – 11: Chicago, IL

June 11 – 15: Washington, DC

June 15 – 18: Atlanta, GA

June 18 – 25: Toronto, Canada

 

  • WEST COAST & Canada:

May 25 – 31: Los Angeles, CA

June 1 – 4: San Francisco, CA

June 4 – 7: Las Vegas, NV

June 8 – 11: Vancouver, Canada

June 11 – 15: Portland, OR

June 15 – 18: Seattle, WA

June 18 – 25: San Bernardino, CA

 

Pembicara Safari Ramadhan 2017:

  • East Coast & Canada: DR. M. Yusuf Siddik, MA.

Ustd. DR. M. Yusuf Siddik, MA adalah  Pembicara pada Safari Ramadhan 2017 yang akan dilangsungkan di Houston –  Dallas – Philadelphia – Chicago – Washington DC – Atlanta – New York – Toronto.

  • West Coast & Canada: Muhammad Zulfikarullah

Ustd. M. Zulfikarullah adalah Pembicara pada Safari Ramadhan 2017 yang akan dilangsungkan di Los Angeles – San Francisco – Las Vegas – Vancouver – Portland – Seattle – San Bernardino.

 

*Sekilas mengenai Ustd. DR. M. Yusuf Siddik, MA:

DR. M. Yusuf Siddik, MA menjalani pendidikannya dengan meraih predikat-predikat yang sangat baik, mulai dari jenjang pendidikan dasar, S1 jurusan Syariah di Universitas Islam Madinah – Saudi Arabia, S2 dari Institut Darul Hadits Al Hassania Rabat – Maroko, dan bahkan prestasi akademiknya semakin meningkat ketika meraih gelar Summa Cum Laude (Sangat Terhormat) pada saat mengantongi gelar Doktoral di bidang Fiqih & Hadits dari Universitas Mohammed V Rabat – Moroko.

Beberapa pengalaman berorganisasi yang pernah dijalani DR. M. Yusuf Siddik, MA adalah sebagai Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Maroko (1995-1998), Dewan Syuro PPI maroko (2001-2004), Anggota Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN) di Maroko (1999 & 2004), Dewan Penasehat PPI Maroko (2004-2008), serta Sekretaris ICMI Orsat Rabat (1997-2008).

Berlatar belakang pendidikan di Saudi Arabia serta Maroko, beliau berpengalaman menjabat sebagai Penerjemah Bahasa Arab di kantor Bidang Urusan haji KJRI Jeddah (2000 & 2001), Staf Ekonomi KBRI Rabat-Maroko pada tahun 2002-2008, fasih berbahasa Indonesia, Arab dan Perancis, dan kini memilih jalur profesi sebagai Dosen di Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) – Saudi Arabia, STIU Al-Hikmah Jakarta, STID Al-Hikmah Jakarta, Dewan Syariah BPZIS Bank Mandiri dan Dewan Syariah Laznas BSM.

 

*Sekilas mengenai Ustd. Muhammad Zulfikarullah

Berlatar belakang pendidikan S1 Manajemen Keuangan (ABFI Perbanas), S2 Ekonomi Syariah (Universitas Indonesia), serta Program Tafsir Hadits (PTIQ Jakarta), Ustd. M. Zulfikarullah berpengalaman menjabat sebagai Div.Head of Finance PT. Lancang Kuning Rabbani (2004-2005), Supervisor Postpaid, CSO Indosat Tbk. (2005-2010), Executive Director Center of Waqf Bani Umar (2014-2015).

Di bidang organisasi, beliau aktif sebagai Ketua Korps Da’i Sahabat Inspirasi Kemanusiaan (2013-2016), Ketua YPI Al-Munawarah, TangSel (2014-2017), Bidang Jaringan Masjid & Ulama IKADI Ciputat Timur (2016-2018), Bidang Dakwah & Kemasyarakatan MUI Ciputat Timur, Dewan Pengawas Syariah Center of Waqf Bani Umar (2016-2018), Divisi Pengembangan Badan Wakaf Indonesia Banten (2015-2018).

Ustd. M. Zulfikarullah berdakwah secara langsung melalui program-program/pelatihan di berbagai komunitas maupun perusahaan, serta juga melalui dakwah on-air pada program-program dakwah stasiun radio & televisi. Disamping itu, beliau pun aktif memberikan pelatihan pengembangan diri dan berpredikat sebagai Holistic Self Transformation Trainer, dengan motto: “Hidup Terbaik dengan Memberi Manfaat Terbaik dan Raih RidhoNYA.”

 

Untuk informasi lebih detail mengenai lokasi/alamat penyelenggaraan acara Safari Ramadhan 2017 di masing-masing kota, kami persilahkan menghubungi pengajian setempat / panitia lokalitas.

Ramadhan Karim! Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan kami tunggu kehadiran Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian di acara Safari Ramadhan 2017: Committed Muslim: Living a Socially Responsible Life.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *