Safari Ramadan 1442H/2021: Living by Qur’an

Safari Ramadan ICMI Amerika Utara sebagai salah satu pembinaan ahlakul karimah, adalah program tahunan ICMI Amerika Utara. Diselenggarakan di beberapa kota besar di Amerika Utara dalam rangka membantu Masyarakat Muslim Indonesia untuk meningkatkan pemahaman dan kecintaan mereka kepada Islam. Sehingga Islam tidak berfungsi hanya sebatas ritual, tetapi merupakan dasar dari suara hati terdalam.

Jiwa dan akhlak yang mulia adalah aset yang paling berharga dari setiap manusia, modal utama, dan nilai tertinggi bagi setiap individu. Namun demikian jiwa manusia sering menerima serangan dari berbagai penyakit hati yang mengakibatkan akhlak manusia menjadi buruk, tidak sesuai dengan yang Allah SWT gariskan dan Rasul-Nya contohkan. Oleh karena itu, menyucikan dan membersihkan jiwa (tazkiyatun nafs) dari berbagai penyakit hati merupakan suatu keharusan, sebagaimana yang Allah serukan dalam AlQur’an, Al-Baqarah: 151: “Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu), Kami telah mengutus kepadamu rasul diantara kamu yang membacakan ayatayat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.”

Tazkiyatun Nafs pada hakikatnya adalah proses pembersihan jiwa dan hati dari berbagai dosa dan sifat-sifat tercela yang mengotorinya, dan selanjutnya meningkatkan kwalitas jiwa dan hati tersebut dengan mengembangkan sifat-sifat terpuji yang diridhai Allah SWT, serta potensi-potensi positifnya dengan mujahadah, ibadah, dan berbagai perbuatan baik lainnya. Sehingga hati dan jiwa menjadi bersih dan baik serta berkwalitas, yang tercermin melalui sifat-sifat dan prilaku yang baik dan terpuji seperti yang telah dicontohkan oleh Baginda Rasullullah Muhammad SAW. Misi ICMI Amerika Utara untuk meningkatkan kualitas umat Islam Indonesia di Amerika dan Kanada telah mendapat sambutan yang positif dari Ustadz DR. Saiful Bahri, dan Ustadz Taufik, Mereka berdua dikenal sebagai umala yang berdedikasi tinggi dalam memberikan bimbingan agama. Selalu mengajak para jamaah untuk berpedoman kepada isi kandungan Al-Qu’ran-ul Karim dan sunnah Baginda Rasulullah Muhammad SAW sebagai teladan dalam menjalani kehidupan yang penuh berkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *